Kamis, 22 September 2011

tugas teknologi informatika


Aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh manusia
Aplikasi-aplikasi komputer yang digunakan oleh manusia ada banyak dan bervariasi, dan disini akan diterangkan apa saja aplikasi yang digunakan dan juga, siapa-siapa saja yang menggunakan dan untuk apa.
·         Oleh masyarakat umum
1.    Jejaring social semacam facebook, twitter, youtube dan Plurk
¨      Aplikasi ini sering digunakan masyarakat luas untuk menambah teman dan juga untuk mempermudah mencari kabar teman-teman kita yang jauh.
2.    IDM (internet download manager)
¨      Aplikasi ini juga sering digunakan karena banyak hal penting yang berasal dari internet yang bisa kita pakai untuk rujukan suatu pekerjaan.
3.    Webcam
¨      Adalah suatu alat dimana kita bisa melihat seseorang nun jauh disana, dan alat ini banyak dipakai oleh orang yang long distance
·         Oleh para mahasiswa
1.    Microsoft word
¨      Aplikasi ini dipakai mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
2.    Microsoft  power point
¨      Aplikasi ini dipakai oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas dari dosen dan akhirnya dipresentasikan didepan teman-teman kuliah dan dosen.
3.    Google
¨      Aplikasi ini juga sangat menunjang masyarakat umumnya dan mahasiswa khususnya.
·         Oleh para pekerja kantoran
1.    Microsoft excel
¨      Biasanya aplikasi ini digunakan oleh pekerja kantoran yang berkerja di bank, karena mempermudah dalam pekerjaan mereka.
2.    Jejaring social khusus perusahaan (buatan perusahaan)
¨      Jejaring ini biasanya dibuat khusus oleh perusahaan untuk orang yang bekerja di perusahaan tersebut, untuk mudahnya memberikan informasi dan juga tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk hari esok, minggu esok atau selanjutnya.
3.    Winamp
¨      Jika anda pergi ke indomaret, hotel, dan mall, pasti anda langsung mendengar music, untuk menghibur para pendatang.

·         Oleh Anak-anak kecil
1.    Game online
·         Mungkin game online yang dimaksud adalah POINT BLANK oleh para anak-anak kecil laki-laki dan AYO DANCE oleh anak perempuanya,, tapi tak jarang juga POINT BLANK juga dimainkan oleh para dewasa.
Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lain yang masih digunakan, karena inti dari aplikasi tersebut adalah mempermudah dan juga sebagai hiburan bagi manusia yang menggunakanya.

KIAT-KIAT DALAM MEMAKAI KOMPUTER.
1. Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain
Dalam menggunakan komputer kita tidak boleh merugikan orang lain, misalnya menggunakan komputer untuk membobol sebuah bank, menggunakan komputer untuk membuat virus,menggunakan komputer untuk merusak sistem keamanan seseorang.
2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
Bagi pengguna komputer,diharapkan jangan mengganggu dan menggunakan komputer untuk mengganggu hak-hak orang lain,seperti melakukan pembajakan terhadap karya orang lain,meginstal sebuah program yang tidak legal.
3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya
Memata-matai,mengintai dan mengambil data milik orang lain yang bukan haknya,sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan oleh penggun komputer karna sangat merugikan orang lain dan kegiatan ini biasa dilakukan oleh para Cracker dan Hacker yang tidak bertanggung jawab.
4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
Ini biasa digunakan oleh perampok-perampok dan pencuri yang biasa menggunakan komputer untuk membobol sistem keamanan sebuah bank,dan digunakan oleh para teroris untuk mencari dana dengan membobol identitas pribadi targetnya.
5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
Menggunakan komputer untuk menyebarkan berita-berita palsu dan berkebalikan dengan fakta,serta mengumbar informasi tentang seseorang yang semuanya berupa kebohongan,dan cenderung kepada pelanggaran hukum yaitu merusak nama baik seseorang.
6. Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar
Ini yang biasa dilakukan masyarakat awam yang biasanya dengan tampang tidak berdosa menduplikasi software atau data seseorang tanpa mencantumkan sumber yang dia ambil
7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan
Apabila kita ingin membuka computer orang lain,kita diharapkan meminta izin dari empunya terlebih dahulu.
8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain
Ini seperti menduplikatkan sebuah software lalu memperbanyaknya dan kemudian di komersialkan
9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
Dalam membuat sebuah program hendaknya kita menilai sisi positif dan negatifnya,apabila program yang kita buat lebih banyak dampak buruknya lebih baik kita menghentikan membuat program itu.
10. Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer
Dalam menggunakan komputer kita harus mempertimbangkan setiap sisi baik buruknya,jangan sampai kita merugikan pihak lain.
Apabila setiap pengguna komputer maupun internet, menerapkan 10 etika dalam berkomputer dalam menggunakan komputer ataupun internet, bisa dipastikan keamanan dan kenyamanan bagi user maupun pengguna komputer atau internet bisa lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar